Selasa, 06 Agustus 2013

"Tanggal Baru Sekolah Kecil, Informasi tentang Videoconference dan Segelintir Hal Lainnya" - Subcomandante Moisés (EZLN)


Catatan: Pada tahun 2003, sesudah berjuang sejak 1994 menuntut dipenuhinya hak-hak masyarakat dan dikembalikannya cita-cita keadilan sosial dalam perpolitikan Meksiko, Tentara Pembebasan Nasional Zapatista (EZLN) memutuskan untuk “menanggalkan politik tuntutan terhadap negara” dan berkonsentrasi “ke dalam”, dengan membangun sendiri komunitas swakelola otonom yang mereka cita-citakan dengan sarana mereka sendiri. Itu sebabnya Zapatista tak lagi banyak mendapat sorotan media. Bukan berarti mereka bubar atau mundur sebagaimana digosipkan. Kerja internal inilah politik yang sesungguhnya. Mereka membentuk lima caracol yang masing-masing dikelola oleh Junta Pemerintahan yang Baik (selengkapnya baca Subcomandante Marcos, Kata adalah Senjata [Yogyakarta: Resist Book, 2005]). Tiap-tiap caracol memiliki klinik kesehatan, sekolah dasar dan menengah, dan masing-masing menggerakkan satu dan lima proyek Zapatismo: kesehatan, pendidikan, agroekologi, politik, dan teknlologi informasi. Untuk memperingati inisiatif otonomi ini, pada paruh kedua tahun 2013 Zapatista membuka Escuelita (Sekolah Kecil) bagi siapapun yang ingin belajar tentang otonomi. Sekitar 1.700an siswa dari seluruh dunia telah terdaftar, lebih dari 30 di antaranya bergelar PhD dan lebih dari 50 menjabat profesor dan peneliti di pelbagai universitas di dunia. Selebihnya mendaftar untuk mengikuti kelas lewat videoconference. Inilah inisiatif publik Zapatista yang terbesar sesudah La Otra Campaña (Januari 2006). Masih terbuka kesempatan bagi yang ingin mengikuti putaran kedua dan ketiganya (Desember 2013 dan Januari 2014). Jadi silakan mendaftar. Surat pertama Subcomandante Moisés ini akan disusul oleh surat-surat Subcomandante Marcos yang akan segera diterjemahkan dan diunggah.
N.B.: Bila ditemui tanda “@” dalam teks, itu bukan salah ketik. Itu cara Zapatista meniadakan pembedaan penulisan feminim-maskulin dalam tata bahasa Spanyol. Jadi “compañer@s” berarti “compañero” dan “compañera” sekaligus.


Juli 2013.
Untuk: compañeras dan compañeros Deklarasi Keenam Rimba Raya Lacandon dan para siswa Escuelita Zapatista (Sekolah Kecil Zapatista).
Dari: Subcomandante Insurgente Moisés.

Compañeras dan compañeros,
Berikut ini kusampaikan beberapa informasi mengenai Sekolah Kecil Zapatista:

Pertama.– Kami ingin berkomunikasi dengan compañer@s sekalian, lelaki, perempuan, anak-anak, dan orang-orang tua yang tidak mendapat tempat dalam putaran pertama Sekolah Kecil Zapatista pada bulan Agustus 2013 ini. Orang-orang Zapatista telah berbuat sebisa mungkin menyediakan lebih banyak tempat, dan membuka ruang bagi 1.700 siswa; tempat-tempat ini sekali lagi dengan lekas terisi. Dengan kata lain, mereka sudah membuka lagi 200 tempat, dan mereka yang ada dalam daftar antrian telah diberitahu bahwa mereka bisa datang. Namun demikian masih ada begitu banyak orang lainnya yang ingin datang juga. Kami kabari mereka untuk memberitahu agar jangan sedih, atau marah, atau jengkel karena kehabisan tempat.

Telah diputuskan oleh compañeras dan compañeros guru-guru Sekolah Kecil bahwa kelas akan dibuka lagi akhir tahun ini, pada Desember 2013, dan Januari 2014. Jelasnya:

Tanggal putaran kedua Sekolah Kecil:
Pendaftaran: 23-24 Desember 2013.
Kelas: 25-29 Desember 2013.
Pulang: 30 Desember 2013.

Dan mereka juga ingin memperingati 20 tahun pemberontakan Zapatista, jadi yang ingin ikut merayakan fajar 1 Januari 1994, bakal ada pesta pada tanggal 31 Desember dan 1 Januari.

Dan tidak berhenti sesudah itu, karena mereka juga menyepakati bahwa sesudah pesta, kerja akan berlanjut yakni Sekolah Kecil itu:

Tanggal putaran ketiga Sekolah Kecil:
Pesta peringatan: 31 Desember 2013 – 1 Januari 2014.
Pendaftaran: 1-2 Januari 2014.
Kelas: 3-7 Januari 2014.
Pulang: 8 Januari 2014, semua kembali ke pelosoknya masing-masing.

HARAP DIPERHATIKAN: Untuk meminta undangan dan nomor pendaftaran untuk putaran kedua dan ketiga Sekolah Kecil, bahkan bila kalian sudah pernah memintanya lewat situs Enlace Zapatista atau e-mail, kalian harus mengirimkan permintaan pada e-mail berikut ini (mulai hari ini):

Kami mewajibkan ini agar bisa menata secara baik dan agar kalian bisa menerima balasan tepat pada waktunya.

Kedua.– Ingatlah bahwa pesta perayaan 10 tahun caracol dan Junta Pemerintahan yang Baik terbuka bagi semua pihak. Pesta akan bermula dari 8 Agustus dan berlanjut sampai tanggal 9 dan 10. Pada tanggal 9 dan 10 akan ada konser dan presentasi dari kelompok-kelompok seni pelbagai wilayah Meksiko dan dunia. Akan ada konser di CIDECI pada hari pendaftaran tanggal 11 Agustus. Dalam waktu dekat akan kami kirimkan jadwalnya.

Ketiga.– Kami ingin mengingatkan mereka semua yang hadir pada putaran pertama Sekolah Kecil pada Agustus ini:

-Pendaftaran, dengan nomor dan tanda pengenal, pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2013 di CIDECI, San Cristóbal de Las Casas, Chiapas, Mexico.

-Bawa $100,00 (seratus peso Meksiko), yang meliputi biaya paket belajar berisi 4 buku teks dan 2 DVD (20 peso per buku dan 10 peso per DVD).

-Saat mendaftar kalian akan menerima tanda nama dan paket belajar, dan kalian akan diberitahu caracol mana yang akan kalian datangi. Bila bawa kendaraan, kalian akan diberi petunjuk arah ke caracol kalian dan diberitahu kapan karavan dengan kendaraan pengiring akan berangkat. Kalau tidak punya kendaraan, kalian akan diberitahu bus atau truk mana yang bisa kalian tumpangi sebagai bagian dari rombongan karavan. Bila bawa kendaraan sendiri, bisa ditinggal di caracol selama masa belajar dan kami yang akan mengurusnya.

-Berangkat ke caracol pada tanggal 11. Bila sudah larut pada tanggal 11 dan bus masih menunggu penumpang, maka akan berangkat pagi-pagi pada tanggal 12.

-Kelas bermula tanggal 12 Agustus dan selesai tanggal 16; 17 Agustus adalah perjalanan pulang, bus akan menurunkan kalian di CIDECI, San Cristóbal de Las Casas, Chiapas. Di situ kalian bisa tinggal untuk Seminar “Tata Juan Chávez Alonso” yang diberikan oleh pelbagai kelompok masyarakat adat negeri kami.

-Waktu tempuh:
Caracol terjauh adalah La Realidad dan Roberto Barrios. Bila naik karavan tanpa berhenti, tersesat, atau mogok, perjalanan akan memakan waktu 8-9 jam.
Yang terjauh berikutnya adalah La Garrucha. Naik karavan tanpa berhenti akan memakan waktu 5-6 jam.
Berikutnya: caracol di Morelia, naik karavan tanpa berhenti akan makan waktu 4-5 jam.
Dan terakhir: caracol di Oventik, naik karavan akan makan waktu satu setengah sampai dua jam.
Semua rombongan akan bertolak dari CIDECI, San Cristóbal de Las Casas, Chiapas, Meksiko.

Lain waktu aku akan kiriman jadwal mata pelajaran per jam, tapi sebelum itu SupMarcos akan memberitahu kalian bagaimana semua ini akan berjalan.

Keempat.– Kami juga ingin memberitahu compañer@s kami dari Deklarasi Keenam bahwa bila mereka tidak bisa menghadiri Sekolah Kecil pada bulan Agusts ini, masih ada cara untuk ikut serta, sebab kami akan menyiarkan kelas-kelas khusus melalui videoconference, dengan tim khusus kawan-kawan Zapatista yang akan menjelaskan segala sesuatunya dan menjawab pertanyaan kalian melalui “chat.”

Dalam proses ini kami dibantu oleh kawan-kawan dari media independen Koman Ilel dan media-media independen lainnya.

Kami akan kabarkan lebih lanjut mengenai ini dalam surat khusus. Tapi aku beritahukan bahwa tanggal videoconference ini adalah 12, 13, 14, 15, dan 16 Agustus. Paling tidak akan ada 2 jadwal yang berbeda, agar orang-orang di benua Amerika bisa ikut serta pada malamnya, dan sekian jam kemudian orang-orang dari benua lain juga bisa ikut serta malam harinya. Kami lakukan ini karena berpikir bahwa pada malam hari kalian sudah pulang dari kerja dan bisa mengikuti kelas, atau kalian bisa ikut siangnya kalau bekerja saat malam.

Untuk bisa ikut kelas lewat videoconference, kalian perlu kode atau password. Password hanya diberikan pada undangan dan yang meminta ikut belajar lewat videoconference. Bila kalian ingin ikut kelas melalui videoconference dan belum punya undangan, silakan meminta melalui e-mail berikut:

Password akan dikirim untuk bisa masuk ke internet. Juga, untuk rekan manapun yang mengorganisir sesi-sesi videoconference di manapun mereka berada, mereka harus mengirimkan pada kami nama-nama yang akan mereka undang. Dengan begini kami akan punya bayangan siapa-siapa yang mengikuti kuliah ini lewat videoconference.

Ini saja yang ingin kami sampaikan, compañer@s Deklarasi Keenam.

Subcomandante Insurgente Moisés.
Meksiko, Juli 2013.

::::::::::::::::::::::::::::

Tonton dan dengarkan video-video yang menyertai teks ini:
Lagu "Soy el Sol en Movimiento" dari grup El Problema del Barrio.  Lirik oleh Orlando Rodríguez, musik oleh Miguel Ogando.  Gambar karya Juan Kalvellido. Video oleh Orlando Fonseca.
————————————————————–
Rock! Grup dari Spanyol Ilegales dengan lagu "Tiempos Nuevos, Tiempos Salvajes". Video oleh Zenodro1000.
————————————————————–
Reggae, dari Pantai Gading, Afrika, dengan Tiken Jah Fakoli dan lagunya "Plus Rien Ne M'étonne". Video oleh Ben Magec.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar